Rabu, 27 Oktober 2010

KONSEP OBJEK ORIENTASI PROGRAM

Obyektif :

1. Mengerti maksud inheritance

2. Mengerti dan memahami encapsulation

3. Mengerti dan dapat menjelaskan mengenai polymorphism

4. Dapat membuat program paling sederhana dari java




Pengenalan Java

Apa itu Java ?

Java adalah salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP- Object Oriented Programming). Paradigma OOP menyelesaikan masalah dengan merepresentasikan masalah ke model objek.


Keutamaan Java disbanding bahasa pemrograman lain:

- Cross platform, dengan adanya Java Virtual Machine(JVM)

- Pengembangannya didukung oleh programmer secara luas

- Automatic Garbage Collection, membebaskan programmer dari tugas manajemen memori
Pemrograman Berorientasi Obyek (OOP)



Pemisalan Objek dalam OOP

Objek-objek dalam dunia nyata, mempunyai 2 karakteristik khusus : Status dan Perilaku. Contohnya, sepeda punya status(jumlah gir, jumlah pedal, dua buah ban) dan perilaku(mengerem, mempercepat, ubah gir). Bahasa yang berorientasi pada objek pun mempunyai karakteristik yang sama dengan objek-objek di dunia nyata. Yaitu status yang dalam bahasa pemrograman biasanya disimpan sebagai Variabel dan perilaku yang diimplementasikan sebagai Method.

Karakteristik OOP

1. Enkapsulasi(Pembungkusan)

Enkapsulasi adalah pelindung program dan data yang sedang diolah. Enkapsulasi mendefinisikan perilaku dan melindungi program dan data agar tidak diakses secara sembarangan oleh program lain. Dalam Java, dasar enkapsulasi adalah class. Anda membuat suatu class yang menyatakan bahwa variable atau method sebuah class tidak dapat diakses oleh class lain dengan menjadikan class tersebut private, atau menjadikan class tersebut protected – yaitu hanya bisa diakses oleh turunannya, atau menjadikan class tersebut public – yaitu bisa diakses oleh sembarang class.


2. Inheritansi
Objek-objek yang berada di sekitar kita adalah objek-objek yang saling terhubung secara hirarkis. Misalnya :




Lingkaran dan Bujur Sangkar adalah turunan dari bentuk 2D dan

Bentuk 2D adalah turunan dari Objek Gambar Lingkaran dan Bujur Sangkar mewarisi(inherit) sifat-sifat dari bentuk 2D, juga mewarisi sifat-sifat dari objek gambar Lingkaran dan Bujur Sangkar dapat dikatakan subclass dari bentuk 2D. Bentuk 3D adalah superclass dari Bola dan Piramida, dan seterusnya.


3. Polimorfisme

Walaupun Lingkaran dan Bujur Sangkat sama-sama turunan dari Bentuk 2D, tetapi cara menubah ukuran masing-masing berbeda, untuk lingkaran anda harus merubah besar jari-jarinya, sedang untuk bujur sangkar anda harus mengubah panjang sisinya.

Dalam Java implementasi, method suatu parent-class dapat diubah oleh sub-class, hal ini dikenal dengan overriding method. Deklarasi method sama tetapi implementasi atau definisinya berbeda(Method atau perilaku yang sama tapi implementasinya/caranya yang berbeda-beda inilah yang disebut dengan Polimorfisme).


Menulis Program Java

Aturan penulisan program di Java

- Java adalah turunan dari C, sehingga Java memiliki sifat C yaitu Case sensitive, yaitu membedakan antara huruf besar dan kecil

- Dalam sebuah file program di Java, hanya diijinkan memiliki 1 buah class yang bersifat public
- Dalam sebuah file program Java, hanya ada satu method main(method yang pertama kali dibaca oleh interpreter Java)
- Nama sebuah file program Java harus sama dengan nama class yang memiliki method main() di dalam tubuhnya. Perhatikan bahwa tulisan nama file dengan nama class (huruf besar maupun kecilnya) haruslah persis sama. .

Berikut adalah contoh membuat program dengan menggunakan Java. Pada program akan ditampilkan tulisan “Hello World !“
//Nama File Hello.java class Hello
{

public static void main(String args[])

{

System.out.println(“Hello World !”);

}

}


Langkah selanjutnya :

1. Simpan dengan nama: Hello.java

2. compile Hello.java : javac Hello.java

3. hasilnya akan menghasilkan : Hello.class

4. jalankan Hello.class: java Hello.class atau java Hello

5. akan keluar hasil : Hello world!

Programming Tip :

Dalam penulisan bahasa program, disarankan :

1. Huruf depan dari sebuah class atau method menggunakan huruf besar

2. Menulis Komentar pada sebuah class atau method untuk memudahkan debug(pencarian kesalahan). Serta mempermudah orang lain membaca program kita. Ingat !!! Dalam dunia nyata, programmer bekerja secara team, jadi usahakan partner team mengerti apa yang kita buat dengan memberikan komentar(tentang pembuatan komentar akan dibahas dibawah)
3. Membuat indentasi(jarak antara induk perintah dan anak perintah). Identasi sebisa mungkin dibuat standard, semisal pada contoh diatas, jarak antara tulisan “class Hello” sebagai induk perintah dengan tulisan “public…..” sebagai anak perintah adalah 5 spasi. Sekali lagi, ini untuk mempermudah dalam pengertian program.

Copyright © 2010, iLab Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar